Pesantren Manarul Huda Bandung Kitab Kuning dan Gratis

pondok pesantren al huda bandung

Pesantren Manarul Huda Bandung yang tepatnya di daerah Ciumbuleuit, merupakan salah satu pondok pesantren yang bisa dijadikan tujuan pendidikan anak, khususnya dalam mengaji kitab. Santrinya berasal dari beragam daerah.

Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin tahu, kami akan ulas profil Ponpes Manarul Huda Bandung bersumber dari brosur di halaman media sosial, disertai dengan ulasan dari kami. Semoga bermanfaat.

Pesantren Manarul Huda Bandung

Pondok Pesantren bernama Manarul Huda memang tidak hanya satu, namun yang ini terletak di Dago Atas Bandung. Atau di wilayah kota Bandung. Dengan akta pendirian tertanggal 29-11-1979. Jadi sudah cukup tua.

Tersedia untuk santri putra atau putri. Sistemnya server thailand adalah pendidikan salafiyah, atau mengaji kitab kuning. Benar-benar nyantri kalau berada di pondok pesantren ini dan didampingi oleh seorang Kyai (pengasuh).

pesantren manarul huda bandung

Pendidikan di Manarul Huda Bandung

Untuk pendidikan di pesantren ini secara formal menggunakan sistem paket. Yaitu paket A untuk jenjang SD, kemudian paket B untuk jenjang SMP, dan paket C, untuk jenjang SMA. Jadi sudah lengkap.

Nantinya setiap santri akan mendapatkan ijazah sesuai dengan jenjang masing-masing yang diakui oleh pemerintah. Jadi tidak perlu khawatir.

Adapun untuk pendidikan pesantren kompetensinya ada dua, yaitu kitab kuning (salafiyah) dan satu lagi adalah tahfidz Quran atau menghafal Al Quran.

Namun menurut kami yang cukup bagus di sini adalah jenjang salafiyah yang terbagi ke dalam tujuh tahap. Pertama Ibtida’ yang dibagi ke dalam tiga tahap, 1, 2, dan 3. Kemudian ada Tsanawi yang terbagi juga ke dalam tiga jenjang, 1, 2, dan 3.

Yang terakhir adalah jenjang Ma’had Aly. Di mana bisa dikatakan santri sudah mempelajari keilmuan yang lebih mendalam dari dua jenjang sebelumnya.

Kurikulum di Ponpes Manarul Huda Dago

Bagi yang penasaran kami jelaskan satu persatu kita yang digunakan setiap jenjang.

Kelas Ibtida’ 1
Jurumiyah Tijan Daruri
Sulam Taufiq Tajwid
Ta’limul Muta’alim Akhalqul Banin
Tasripan Safinatun Naja
Kelas Ibtida’ 2
Sorof Kaelani Khulasotu Nurul Yaqin
Riyadul Badi’ah Hadist Arbain
Bidayatul Hidayah Majmu’atul Aqidah
Qiyasan Tafsir Jalain
Kelas Ibtida’ 3
Alfiyah Kifayatul Awam
Bajuri Nurud Dulam
Adzkar Nawawiyah Faroid
Riyadus SHolihin Waroqot, dll
Kelas Tsanawi 1
Istis’arah Lathaiful Isaroh
Sulam Munawwaroh I’anatut Tolibin
Fathul Majid Minhatul Mugis
Muhatol Saffi’
Kelas Tsanawi II
Jauhar Maknun Sirajut Tolibin
Samar Qondi Kifayatul Atkiya
Sohih Muslim Jauhar Tauhid
Kelas Tsanawi III
Uqudul Juman Al Iqna
Ummul Barohin Goyatul Wusul
Asbah Wanadohir Bidayatul Mujtahid
Kelas Ma’had Aly
Jam’ul Jawami’ Tafsir Ibnu Katsir
Ihya Ulumudin Tafsir Sowwi
Sulamunayren Fathul Wahab

Kegiatan Santri Sehari-hari

Kegiatan santri terbagi menjadi beberapa bagian. Waktu pagi dimulai sejak 03:30, tahajud, shalat subuh dan wiridan. Nantinya pukul 05:00 akan mengaji Al Quran.

06:30 santri bisa mandi, kebersihan, dan shalat dhuha. Nah pukul 07:30 santri mulai kegaiatan masing-masing seperti wirausaha, administrasi. Sedangkan waktu makan di waktu 09:30. Selepasnya adalah kegiatan masing-masing.

Jam 11:00, santri ada yang tidur siang. Barulah 11:30 santri shalat dhuhur dan mengaji. Begitu juga dengan sore hari, shalat ashar dan mengaji. Menjelang magrib juga sama, tadarus, wiridan, mengaji.

Yang unik malam hari pukul 21:00 sampai dengan 22:00 adalah waktunya menghafal. Menurut kami kegiatannya cukup dinamis.

Kegiatan Ekstrakurikuler Ponpes Dago

Adapun kegiatan ekstra yang tersedia adalah tahfidz Quran, Qira’at, berjanji, ada juga pidato. Untuk bahasa adalah arab dan inggris, olah raga.

Nah yang paling menarik menurut kami adalah unsur wirausaha. Di sini santri dilatih ketrampilan bisnis untuk bekal, yaitu peternakan, dan bisnia usaha lainnya.

Fasilitas dan Sarana Manarul Huda Bandung

Untuk fasilitas standard. Ada asrama putra dan putri yang terpisah, ruang usaha, kantin, lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan di bagian bawah agar terlihat jelas.

Syarat Pendaftaran

Bagi yang ingin mendaftar sangat mudah, nantinya cukup mengisi formulir, fotocopy KK. Foto 3 x 4. Jadi tidak ribet. Kalau bingung bisa hubungi nomor yang kami cantumkan di bagian bawah.

Biaya Pesantren Manarul Huda Gratis

Dari brosur yang kami dapatkan, untuk biaya pesantren tidak ada, alias termasuk pesantren gratis di Bandung yang bagus. Menurut kami bisa direkomendasikan.

Jika ingin opsi pesantren gratis lainnya bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing agar bisa menjadi pertimbangan.