UNISA Bandung dari Akreditasi Biaya Kuliah dan Jurusan

universitas unisa bandung

UNISA Bandung atau yang dikenal dengan Universitas Aisyiyah merupakan lembaga pendidikan tinggi yang sudah cukup tua dan berpengalaman. Oleh sebab itu animo mahasiswa tinggi dan menjadi salah satu kampus favorit.

Kami tertarik untuk mengulas Universitas Aisyiyah Bandung berdasarkan website resmi, brosur yang berhasil kami dapatkan, serta data dari pddikti terkini. Harapan besar bisa membantu informasi calon mahasiswa.

UNISA Bandung

UNISA Bandung sejarahnya sudah dimulai sejak 1972 sebagai salah satu amal usaha Aisyiyah Jawa Barat. Ketika itu bernama sekolah pengatur rawat. Namun di tahun 1981 namanya berubah menjadi Sekolah Perawat Kesehatan.

Bisa dikatakan secara sejarah, Universitas Aisyiyah mahjong ways Bandung memiliki fokus pada sekolah keperawatan, sehingga sering juga disebut dengan Stikes Aisyiyah hingga sekarang.

unisa bandung

Perjalanan panjang tersebut disempurnakan pada tahun 2019, di mana ada penggabungan antara Akademi Kebidanan Syahida Tasikmalaya dan STIKES Aisyiyah. Hingga pada akhirnya dilanjutkan menjadi Universitas Aisyiyah Bandung.

Akreditasi UNISA Bandung

Ketika kami rujuk ke data pddikti, Akreditasi UNISA Bandung adalah B. Atau baik sekali. Artinya sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah mulai dari sisi akademik dan non akademik.

Berikutnya kami akan sajikan data akreditasi setiap jurusan dengan jumlah mahasiswa berdasarkan data pelaporan tahun ganjil 2021 di website pddikti.kemdikbud.go.id agar bisa menjadi bahan pertimbangan.

Jurusan di Universitas Aisyiyah Bandung

Adapun jurusan yang tersedia di Universitas Aisyiyah Bandung terbagi ke dalam tiga fakultas. Yaitu,

  • Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Humaniora
  • Fakultas Sains dan Teknologi

Masing-masing fakultas tersebut meiliki beragam jurusan yang akan kami ulas satu persatu.

Jurusan di Fakultas Ilmu Kesehatan

Jurusan Akreditasi Mahasiswa
Keperawatan Baik Sekali 503
Kebidanan Baik 243
Keperawatan D3 Baik Sekali 132
Profesi Bidan Baik
Profesi Ners Baik Sekali 97

Bisa dikatakan ini adalah basis utama pendidikan di Universitas Aisyiyah Bandung. Semuanya sudah memiliki akreditasi dengan nilai yang cukup bagus. Bahkan beberapa memiliki nilai akreditasi baik sekali.

Adapun untuk favoritnya di UNISA Bandung adalah jurusan keperawatan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 503. Kemudian disusul dengan kebidanan.

Biaya Ilmu Kesehatan

Jurusan Biaya
Biaya Keperawatan Reguler S1 Rp14.600.000
Biaya Kebidanan Reguler S1 Rp16.600.000
Biaya Profesi Ners Rp30.450.000
Keperawatan Kelas Lintas Jalur Rp8.950.000
Kebidanan Kelas Lintas Jalur Rp10.000.000
Vokasi Diploma Keperawatan Rp13.350.000

Biaya di atas bisa dicicil dalam beberapa semester. Sehingga membuat biaya terasa lebih terjangkau dan mudah untuk ditunaikan.

Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Humaniora

Jurusan Akreditasi Mahasiswa
Perdagangan Internasional S1 17
Pariwisata S1 21

Untuk jurusan di Fakultas Ekonomi dan Humaniora sepertinya masih baru sehingga jumlah mahasiswanya belum banyak.

Biaya Fakultas Ekonomi dan Humaniora

Jurusan Biaya Kuliah
Perdagangan Internasional Rp3.000.000
Pariwisata Rp3.700.000

Jurusan di Fakultas Sains dan Teknologi

Jurusan Akreditasi Mahasiswa
DKV 26

Untuk jurusan DKV, jumlah mahasiswanya lumayan. Bahkan rasio dosen dengan mahasiswanya cukup bagus 1:3, sehingga cukup bagus.

Biaya Jurusan Desain dan Komunikasi Visual

Untuk biaya jurusan desain dan komunikasi visual sebesar Rp4.000.000. Biaya ini bisa dicicil selama dua kali, cicilan pertama sebesar Rp2.500.000 dan cicilan kedua sebesar Rp1.500.000

Catatan Biaya Kuliah Unisa Bandung

Adapun untuk biaya kuliah di atas berdasarkan informasi yang kami lihat di website resmi di tahun 2022. Biaya di atas sudah dengan biaya gedung, kuliah tetap, SPP Semester, jas, baju olah raga, dan praktek untuk Fakultas Ilmu Kesehatan.

Namun demikian biaya tersebut belum termasuk sumbangan pengembangan kampus untuk semua program studi dengan besaran,

  • Gelombang I Rp500.000
  • Gelombang II Rp1.000.000
  • Gelombang III Rp1.500.000

Menurut kami biaya di atas tergolong standar. Jika ingin mencari alternatif lain ada beberapa kampus berikut di Bandung

  • UM Bandung
  • UNIBBA Bandung Murah

Syarat Pendaftaran

  • Lulusan SMA atau sederajat
  • Sehat dan tidak buta warna untuk DKV, Perawat, dan Bidan
  • Untuk perawat dan bidan tinggi badan minimal untuk laki-laki 155 CM, sedangkan untuk perempuan 149 cm
  • FC ijazah legalisir atau surat keterangan lulus sementara rangkap 2
  • FC SKHUN rangkap dua
  • FC raport dari semester 1-5 dilegalisir
  • FC sertifikat penghargaaan
  • Pas foto 4 x 6 bewarna 3 lembar
  • FC KTP
  • Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan jurusan masing-masing.

Jalur Pendaftaran

Bagi yang ingin masuk Universitas Aisyiyah Bandung bisa melalui beberapa jalur. Pertama PMDK yaitu jalur seleksi menggunakan nilai akademik atau UTBK.

Kedua adalah jalur alumni. Yaitu lulusan dari UNISA Bandung lulusan D3 keperawatan yang akan melanjutkan ke S1 keperawatan. Atau D3 Kebidanan melanjutkan ke S1 kebidanan. Atau S1 keperawatan melanjutkan ke profesi ners. Jalur ini gratis biaya pendaftaran.

Ketiga jalur prestasi, yaitu bisa prestasi akademik dengan raport minilam 8 pada dua pelajaran dominan. Atau prestasi non akademik yaitu juara lomba se kabupaten atau kota dengan bukti sertifikat.

Keempat adalah jalur CBT yaitu jalur umum seleksi penerimaan dengan tes menggunakan laptop atau komputer yang bisa dilaknasakan di rumah masing-masing dengan online.

Kelima adalah jalur tahfidz Quran di mana akan mendapatkan gratis biaya kuliah enam semester atau delapan semester untuk sarjana. Minimal hafal 15 juz.

Alamat Kampus

Alamat kampus 1 berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan Dalam No. 6 Bandung. Sedangkan kampus 2 berada di jalan palasari No. 9A. Strategis mudah dijangkau.

Untuk informasi lebih lanjut, update, dan lengkap bisa kunjungi website resmi di sini. Atau hubungi call centre di nomor 0811 200 6840. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.