Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Islam adalah agama yang lekat bersama ilmu. Bukan hanya punya para ilmuwan yang berikan sumbangsihnya terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, umat Islam terhitung mendirikan banyak universitas.

Bahkan, Universitas Al slot lisensi pagcor Qarawiyyin yang dibangun terhadap tahun 859 Masehi di Fez, Maroko, dipercaya sebagai kampus pertama di dunia. Kini banyak kampus di semua dunia yang menyediakan fakultas atau program studi ilmu agama Islam.

Universitas dan perguruan tinggi Islam yang berdiri di bermacam belahan dunia punya peringkat yang cukup baik di negaranya masing-masing ataupun dunia. Baik itu tercatat di lembaga pemeringkatan QS World University Ranking, Times Higher Education, versi uniRank, ataupun pemeringkatan lainnya.

Dilansir berasal dari bermacam sumber, selanjutnya 10 kampus terbaik di dunia yang dianjurkan untuk studi Islam.

1. Universitas Kairo, Mesir

Universitas Kairo sudah terlampau tenar sebagai kampus terbaik untuk mempelajari Islam. Hingga kini, tersedia kurang lebih 200 ribu mahasiswa yang menuntut ilmu di kampus bergengsi tersebut. Universitas ini sudah tersedia sejak 1908.

Kala itu, namanya masih bernama Egyptian University. Salah satu fakultas yang tersedia adalah Dar Al Uloom dan menjadi target tepat bagi mereka yang mendambakan studi Islam.

Beberapa departemen yang dimiliki fakultas selanjutnya adalah departemen syariah Islam, departemen filsafat Islam, dan departemen histori serta peradaban Islam.

2. Universitas Al Azhar, Mesir

Universitas Al Azhar terhitung menjadi kampus andalan untuk mempelajari agama Islam. Mahasiswa berasal dari bermacam dunia menuntut ilmu di sini.

Bahkan, tokoh-tokoh besar seperti Gus Dur dan Quraish Shihab menamatkan pendidikannya di kampus tersebut. Al Azhar terhitung menjadi salah satu kampus tertua di dunia yang dibuka terhadap tahun 988.

Melansir laman resminya, kampus ini berkomitmen untuk menambahkan asumsi Islam berdasarkan modernisasi dan sanggup unggul dalam bidang pendidikan.

Salah satu jurusan yang tersedia di kampus ini adalah ilmu agama Islam yang dapat menambahkan pemahaman kepada mahasiswa tentang seluk beluk Islam, terhitung tradisinya.

3. Shahid Behesti University of Medical Sciences (SBUMS)

Sebagai kampus terbesar kedua di Iran, SBUMS menawarkan bidang keilmuan yang terlampau lengkap. Bahkan tersedia program Advanced Technology in Medicine dan Medical Education plus Management.

SBUMS menempati peringkat pertama di Iran dan peringkat ke 35 dunia dalam Times Higher Education Rankings 2020 untuk kategori SDGS/s Good Health plus Well Being.

SBUMS punya 12 rumah sakit, 5 research institute dan lebih berasal dari 76 research centers di mana 7 di antaranya berkolaborasi bersama WHO. Tersedia terhitung akomodasi asrama internasional, Menariknya, terhitung tersedia asrama untuk pasangan yang sudah berumah tangga.

4. International Islamic University Malaysia (IIUM)

IIUM merupakan salah satu kampus terbaik di Malaysia. Selain itu terhitung merupakan kampus Malaysia pertama yang beroleh International Green Gown Award. IIUM memenangkan kategori Best Sustainable Institution terhadap 2020.

Menurut QS WUR Ranking by Subject, IIUM menempati peringkat 28 untuk bidang Theology, Divinity, plus Religious Studies.

Selain studi keagamaan, kampus ini terhitung unggul di bidang Finance. IIUM terhitung mempunyai program khusus yaitu Institute of Islamic Banking plus Finance dan sudah mendapat penghagraan The Best Islamic Finance University versi Global Banking plus Finance Award 2017.

5. Umm Al-Qura University

Umm Al-Qura University berdiri terhadap 1396 bersama nama College of Shari’ah, menjadikan Umm Al-Qura University sebagai kampus tertua di Arab Saudi.

Umm Al-Qura University punya 3 kampus yang tersebar di wilayah Kota Mekkah. Untuk sanggup kuliah di kampus ini, mahasiswa internasional kudu ikuti kelas Arabic Language for Non Native-Speaker khususnya dulu. Jika lulus, baru sanggup lanjut kuliah di bidang yang dipilih.

6. Universitas Al-Qarawiyyin, Marokko

Universitas Al-Qarawiyyin adalah kampus tertua di dunia yang didirikan terhadap tahun 859 M di Kota Fez, Marokko oleh seorang bangsawan muslimah berasal dari Tunisia yang bernama Fathimah Al-Fihri.

Universitas ini punya perpustakaan bersejarah yang masih dibuka untuk lazim yang di dalamnya terdapat ribuan manuskrip dan buku-buku bersejarah tentang bermacam macam subjek.

Universitas ini sudah melahirkan orang-orang hebat berasal dari baik berasal dari kalangan muslim bahkan Yahudi. Ibnu Khaldun, seorang sejarawan terkemuka, dan Paus Silverter II dulu menuntut ilmu di kampus ini.

7. Iran University of Science plus Technology (IUST)

IUST terdapat di Tehran, ibukota Iran yang menjadi rumah bagi banyak masjid, gereja, dan area ibadah bersejarah lainnya. Di kota ini terhitung terdapat sebagian landmark Iran seperti Azadi Tower dan Milad Tower.

IUST adalah kampus terbaik keempat di Iran. Terdapat 13 fakultas di bidang engineering plus science. Terdapat pula 3 departemen lain di bidang Foreign Language, Islamic Studies, dan Physical Education.

IUST menjadi kampus Iran bersama kegiatan internasional terbanyak terhadap 2019 dan 2020. Indikatornya aantara lain jumlah paper internasional, kerja serupa bersama kampus dan perusahaan luar negeri, dan keanggotaan dalam organisasi internasional.

8. Universitas Islam Indonesia Universitas Islam Indonesia (UII)

berada di peringkat ke-7 versi uniRank. UII merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta. Kampus ini merupakan salah satu PTS tertua di Indonesia. UII berdiri sebelum saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya terhadap 8 Juli 1945.

UII yang didirikan bersama nama Sekolah Tinggi Islam (STI) merupakan perguruan tinggi nasional yang pertama kali berdiri di Indonesia. Pada jaman itu, pendidikan tinggi yang tersedia di Tanah Air didirikan dan dikelola oleh pemerintah kolonial Belanda. Berdirinya STI menjadi bukti, masyarakat Indonesia punya kesadaran dapat pendidikan. Kini UII sudah berkembang pesat secara akademik maupun non akademik.

9. Süleyman Demirel Üniversitesi

Universitas Suleyman Demirel berada di peringkat ke-16 sebagai perguruan tinggi Islam terbaik versi uniRank. Universitas Suleyman Demirel merupakan kampus yang didirikan terhadap 11 Juli 1992.

Terletak di kota Isparta, kampus ini mulanya merupakan sebuah akademi bernama “Isparta State Engineering plus Architecture Academy” yang didirikan terhadap 1976 bersama fakultas Teknik dan Arsitek sebagai fakultas utama. Universitas ini terhitung tenar dalam program Riset Pertanian, Kedokteran, Teknik dan Ilmu Bisnis.

Dengan keseluruhan 3857 staf, termasuk 2162 staf akademik dan 1695 staf administrasi, lebih tidak cukup 100 ribu mahasiswa, 3000 mahasiswa asing, 19 fakultas, 20 sekolah kejuruan, 6 institusi, 46 pusat aplikasi dan penelitian, fasilitas olahraga bertaraf kelas service olimpik, serta studi dan service riset pengembangan menjadikan kampus ini sebagai lembaga lembaga akademik terbesar kedua di Turki.

10. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada di peringkat ke-6 versi uniRank. Universitas ini merupakan perguruan tinggi swasta terakreditasi A yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur.

Universitas yang berdiri terhadap 1964 ini berinduk terhadap Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur. UMM terhitung terhitung PTS terkemuka di Indonesia.

Saat ini, UMM menempati 3 wilayah kampus yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A, dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal dapat UMM, dan saat ini ini dikonsentrasikan untuk S1 Fisioterapi.

Kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama, saat ini dikonsentrasikan sebagai Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan. Sementara kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat berasal dari semua aktivitas.