Universitas Terbaik di Indonesia, Versi QS WUR, UniRank & Webometrics

Lagi persiapan SNMPTN 2022, ini daftar pilihan 10 universitas terbaik di Indonesia. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 bakal segera digelar. Berdasarkan informasi dari Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), sosialisasi SNMPTN 2022 telah diawali sejak 1 Desember lalu.

Selain memantau jadwal pelaksanaan, salah satu yang harus dipikirkan adalah pilih universitas atau perguruan tinggi yang bakal dituju. Berikut daftar 10 universitas atau perguruan tinggi yang masuk didalam ranking universitas di Indonesia 2021:

Universitas Terbaik versi QS World University
Ranking QS WUR manfaatkan beraneka persyaratan penilaian, seperti reputasi akademik, lulusan, rasio fakultas/mahasiswa, jejaring penelitian internasional, dan sitasi per karya https://www.freevirtualworldonline.com/ ilmiah. Kemudian, karya ilmiah per fakultas, staf bergelar doktor, bagian fakultas dan mahasiswa internasional, dan bagian pertukaran mahasiswa masuk terhitung keluar. Berikut 10 perguruan terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022:

1. Universitas Gadjah Mada
2. Universitas Indonesia
3. Institut Teknologi Bandung
4. Universitas Airlangga
5. Institut Pertanian Bogor
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
7. Universitas Padjadjaran
8. Universitas Bina Nusantara
9. Universitas Diponegoro
10. Telkom University

Webometrics merupakan lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang menjadikan web perguruan tinggi sebagai bahan penilaiannya. Mereka menilai kemudahan akses, transfer ilmu ilmiah dan budaya yang dihasilkan ke masyarakat, desain, dan lainnya dari web perguruan tinggi. Berikut adalah urutan universitas terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics :

1. Universitas Indonesia
2. Universitas Gadjah Mada
3. IPB University
4. Institut Teknologi Sepuluh November
5. Universitas Brawijaya
6. Universitas Airlangga
7. Telkom University
8. Institut Teknologi Bandung
9. Universitas Bina Nusantara
10. Universitas Negeri Sebelas Maret